1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

Tentang FORCLIME

Tujuan menyeluruh program ini adalah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari sektor kehutanan seraya meningkatkan mata pencaharian masyarakat desa miskin Indonesia. Dalam rangka mencapai sasaran ini, Tim Program ini akan membantu Pemerintah Indonesia merancang dan mengimplementasikan reformasi hukum, kebijakan dan kelembagaan untuk pelestarian dan pengelolaan hutan yang lestari, pada tingkat lokal, provinsi dan nasional. Bantuan pembangunan demonstrasi kegiatan REDD+ merupakan fokus utama dari Program ini, yakni dengan memberikan pengalaman kepada para pengambil keputusan tentang bagaimana REDD+ dapat diimplementasikan "di lapangan".

Bantuan FORCLIME

  • Saran bagi pengembangan strategi REDD+, dan pembangunan hutan di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten.
  • Saran teknis terkait dengan kerangka kerja pelaksanaan kegiatan demonstrasi REDD di berbagai tingkatan, termasuk perencanaan partisipatif penggunaan lahan dan zonasi hutan.
  • Desain inovatif terkait dengan mekanisme dan peraturan bagi inisiatif REDD+ berbasis kabupaten.
  • Fasilitasi pengawasan, pelaporan dan verifikasi.
  • Dukungan bagi proses reformasi administrasi kehutanan seperti pembentukan unit-unit pengelolaan hutan dan sistem-sistem terkait dengan pengawasan dan pemeriksaan.
  • Dukungan untuk pelestarian alam dan pembagian keuntungan dalam inisiatif Heart of Borneo (HoB).
  • Pengembangan skema pembayaran jasa lingkungan untuk mendukung mata pencaharian lestari di pedesaan.
  • Membangun kapasitas untuk pengelolaan hutan lestari dan pelestarian alam.

Mitra Pembangunan Jerman

Semua lembaga kerja sama pembangunan Jerman berkontribusi terhadap FORCLIME, memberikan dukungan kerjasama teknis (GIZ) dan keuangan (KfW) dilengkapi dengan layanan CIM

Dalam upaya bersama Kerja Sama Teknis dan Keuangan Jerman akan mendukung para mitra Indonesia dalam pelaksanaan Program sesuai dengan keahlian yang dimiliki oleh GIZ terkait dengan pengembangan kapasitas, sedangkan KfW terkait kegiatan pembiayaan menuju pembangunan berkelanjutan.

development partners