1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2019 08 19 agroforestry training Kapuas Hulu

FORCLIME memfasilitasi pelatihan wanatani (agroforestry) bagi petani kakao di Malinau, Kalimantan Utara pada tanggal 19-20 Agustus 2019. Pelatihan dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Desa Wisata Setulang (kebun milik pak Pilius) dan di desa Wisata Pulau Sapi (kebun milik pak Yohanes). Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kakao di Malinau. Selain petani dari Desa Wisata Setulang dan Desa Wisata Pulau Sapi, pelatihan ini juga diikuti oleh perwakilan dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Utara, Lembaga Pengelola Hutan Desa Sajau, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bulungan, LSM lokal (Pionir Bulungan, Ikatan Penyuluh Agroforestri Malinau-IPAMA), Dinas Pertanian Kabupaten Malinau, SMK Pertanian Malinau (SPP Malinau) dan KPH Unit X Malinau.

Selain teori, peserta juga melakukan praktek lapangan, antara lain praktek cara melakukan pemangkasan (prunning), penjarangan (thining), pengaturan tajuk (stratification), penanganan hama dan penyakit (pest and disease handling) dan sambung samping (grafting) pada tanaman kakao. Peserta juga diajari teknik menanam padi tanpa melakukan pembakaran lahan, serta pengelolaan kebun buah dan kebun kakao dengan prinsip agroforestri.

Hasil evaluasi pelatihan menunjukkan bahwa peserta merasa puas dan memperoleh ilmu yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas kebun kakao mereka dan berharap akan ada pelatihan lanjutan untuk memperkaya pengetahuan tentang pengelolaan kebun kakao dan organisasi terkait. Setelah pelatihan, peserta akan berbagi pengetahuan yang diperoleh kepada petani di masing-masing desa.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Mohammad Sidiq, Koordinator Provinsi Kalimantan Utara
Helmi Yohanes Setiabudi, siswa magang Universitas Papua

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz