1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2021 10 24 pelatihan angrek propagasi dan digital marketing fae 1

Kawasan Cagar Biosfer Lore Lindu (CBLL) sangat kaya akan keragaman flora dan fauna, salah satunya adalah tanaman anggrek. Diperkirakan terdapat 100 spesies anggrek di CBLL dan sebagian diantaranya merupakan spesies endemik.Masyarakat sekitar CBLL sering kali membudidayakan anggrek sebagai sumber pendapatan alternatif mereka karena tanaman anggrek memiliki nilai jual dan permintaan yang tinggi.

Terdapat tiga desa di sekitar CBLL yang secara aktif melakukan budidaya anggrek, yaitu Desa Karunia, Desa Rejeki, dan Desa Bahagia, yang terletak di Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi. Untuk meningkatkan keberlangsungan bisnis masyarakat serta menjamin keberlanjutan pengelolaan hutan CBLL, FORCLIME bekerja sama dengan Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako serta Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Provinsi Sulawesi Tengah memberikan pelatihan propagasi anggrek danpemasaran digital bagi kelompok perempuan anggrek di tiga desa tersebut.

Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2021 di Desa Karunia dan dihadiri oleh 21 peserta. Terkait propagasi anggrek, peserta mendapatkan pelatihan mengenai teknik perbanyakan anggrek dan faktor-faktor syarat pertumbuhan anggrek, seperti iklim, media, teknik penanaman, pemupukan, dan penyimpanan. Sedangkan sesi pelatihan pemasaran digital, materi yang diberikan adalah strategi pemasaran digital, optimalisasi pemasaran digital, serta strategi menentukan harga jual anggrek.

Suniati, salah satu peserta pelatihan dari Desa Bahagia, menyampaikan kesannya terhadap pelatihan yang dilakukan. “Hal yang paling penting yang saya pelajari adalah cara memasarkan produk secara daring. Namun, sebaiknya pelatihan ini dilakukan di lokasi yang sinyalnya lancar sehingga yang diajarkan bisa langsung dipraktikkan”.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Ismet Khaeruddin, Advisor Senior, Focal Point Keanekaragaman Hayati KFW Forest Program 3 dan Koordinator Provinsi Sulawesi Tengah
Fikty Aprilinayati, Advisor bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Pengelolaan Cagar Biosfer

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz