1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2022 03 27 Empowerment Women of Sekolah Adat fa 1

Di Desa Toro, Sulawesi Tengah, budaya pemanfaatan kain kulit kayu semakin sulit ditemui. Para pengrajin kain kulit kayu di sana juga semakin sedikit karena generasi muda kurang mengenal budaya tersebut. Oleh karena itu, FORCLIME mendukung upaya Organisasi Perempuan Adat Ngata Toro (OPANT) untuk mempertahankan kebudayaan pembuatan kain kulit kayu dan pemanfaatannya menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomi, seperti hiasan atau pajangan dinding, melalui pelatihan atau sharing session kepada perempuan dan siswa Sekolah Adat. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 25-27 Maret 2022 di Sekolah Adat di Desa Toro. Kegiatan diawali dengan penanaman 200 bibit tanaman bahan baku kain kulit kayu, yakni pohon beringin (dalam bahasa lokal disebut pohon nunu), yang bibit-bibitnya telah disiapkan dalam polybag alami yang terbuat dari batang atau pelepah pohon pisangDi dalam kegiatan tersebut, dilakukan diskusi dan berbagi pengalaman terkait:
- Jenis-jenis produk yang dapat dikreasikan dari bahan kain kulit kayu.
- Pembentukan dan pengorganisasian kelompok perempuan untuk wirausaha kerajinan kain kulit kayu.
- Tempat pemasaran yang potensial untuk menjual kerajinan kain kulit kayu, misalnya Galeri Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH).

Melalui pelaksanaan sharing session tersebut, diharapkan para siswa perempuan di Sekolah Adat dan perempuan di Desa Toro dapat meningkatkan pendapatannya melalui pemanfaatan kain kulit kayu untuk produksi kerajinan tangan. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab terhadap keberlanjutan sumber material kain kulit kayu, yaitu pohon beringin.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Fikty Aprilinayati, Advisor Bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Pengelolaan Cagar Biosfer
Ismet Khaeruddin, Advisor Senior, Focal Point Keanekaragaman Hayati KFW Forest Program 3 dan Koordinator Provinsi Sulawesi Tengah

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz