1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2019 09 3 hospitation programme 2019

Dalam rangka mengenal metode dan prosedur teknis pengelolaan hutan di Jerman, disusun sebuah program kunjungan belajar bagi rimbawan Indonesia. Program yang dinamai Hospitation Programme ini dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus hingga 3 September 2019. Kunjungan belajar ini diikuti oleh 2 peserta perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan [(Direktorat Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan-IPSDH) dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Lingkungan dan Kehutanan-Pusdiklat). Kedua peserta mengunjungi perusahaan kehutanan Negara Bagian Hessen (HessenForst) Federal Jerman, yang berperan dalam kegiatan di unit perencanaan pusat perusahaan serta di dalam Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Michelstadt dan Gross Gerau. Selain itu, juga mengunjungi Fakultas Kehutanan Universitas Goettingen dan dewan regional termasuk otoritas hutan di Kassel. Hospitation Programme ini dikembangkan dan disiapkan dalam kerangka Program Pakar Hutan, yang dilaksanakan oleh Masyarakat Hutan Jerman (Deutscher Forstverein), yang berbasis di Goettingen). Oleh karenanya, kedua peserta juga diperkenalkan pada asosiasi ini.

Peserta diperkenalkan pada struktur perusahaan hutan negara HessenForst, termasuk beberapa metode inventarisasi tegakan hutan (survei lengkap dan contoh) dan studi kondisi lokasi, khususnya kualitas tanah. Kemudian diikuti dengan presentasi prosedur evaluasi dan konsolidasi data dan gambar, antara lain menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Selain diskusi dalam ruangan, agenda program termasuk pengumpulan data lapangan, yang menyita energi, namun sangat diperlukan untuk pekerjaan sehari-hari Kesatuan Pengelolaan Hutan. Ketika mengunjungi KPH, peserta memperoleh informasi tentang tata hutan serta tugas dan prosedur harian kantor kehutanan Jerman.

Selain informasi terkait teknis pengelolaan hutan, peserta juga diperkenalkan pada budaya Jerman dengan mengunjungi beberapa objek wisata alam dan suaka margasatwa, termasuk pemandangan di sekitar kota Goettingen dan Kassel serta bentang alam Odenwald.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Lutz Hofheinz, Advisor Senior bidang Kesatuan Pengelolaan Hutan
Pipin Permadi, Advisor bidang kebijakan hutan dan perencanaan strategis

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz