1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Sorong Selatan berkoordinasi dengan FORCLIME untuk menyusun rencana kegiatan yang akan dilaksanakan bersama pada tahun 2023. Pertemuan yang dipimpin oleh Kepala KPHP Sorong Selatan, Reynold Kesaulija, S.Hut., M.Si., diadakan pada tanggal 21 Januari 2023 di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya. Dalam pertemuan ini dibahas rencana kerja termasuk penyusunan Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang (RPHJP) serta kegiatan terkait dengan program perhutanan sosial.

Untuk mendukung penyusunan dokumen RPHJP, akan disusun Tim Penyusunan Tata Hutan yang akan melakukan proses pembagian blok dan petak pada bulan Februari 2023.

Terkait Perhutanan Sosial, beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan bersama pada tahun 2023 adalah:

  • Menyusun Rencana Kelola Perhutanan Sosial (RKPS) di Kampung Haha yang telah mendapatkan izin untuk Skema Hutan Desa. Kegiatan ini dilaksanakan setelah dokumen RPHJP KPH Sorong Selatan disyahkan.
  • Mengurus izin BPOM untuk prooduk hasil hutan bukan kayu di kampung dampingan FORCLIME, yakni Kampung Haha dan Kampung Wendi. Pengurusan perizinan ini akan dilakukan sekitar bulan Mei atau Juni 2023, setelah pembangunan resort di Kampung Haha selesai dibangun. Tempat ini akan menjadi rumah produksi hasil hutan bukan kayu.
  • Penilaian kelas kelompok tani hutan (KTH). Setelah dilakukan pendampingan, KTH di kampung-kampung yang didukung FORCLIME, telah mengalami kenaikan kelas berdasarkan Indikator Penilaian KTH yang dikeluarkan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Proses penilaian KTH akan dilaksanakan sekitar bulan Juni atau Juli 2023.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Nita Yohana, Advisor bidang pengelolaan hutan lestari dan koordinator Provinsi Papua Barat.
Mohammad Sidiq, Manajer bidang strategis, Pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Provinsi Papua dan Papua Barat

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz