1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 05 02 KAREBA Orchid CBLL Monthly Meeting my

Kelompok Anggrek KAREBA Cagar Biosfer Lore Lindu (KAREBA CBLL) terdiri dari tiga kelompok pembudidaya anggrek yang berasal dari tiga desa di Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, yaitu Desa Karunia, Desa Rejeki dan Desa Bahagia. Kelompok tani anggrek ini, berdiri pada tahun 2017, beranggotakan tujuh orang dari masing-masing desa tersebut. Tujuan awal dibentuknya kelompok ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan budidaya anggrek bagi anggota kelompok dan keluarganya, khususnya perempuan yang ada di desa, mengingat sebagian besar anggota kelompok ini adalah perempuan.

Untuk meningkatkan komunikasi dan berbagi informasi, KAREBA CBLL mengadakan pertemuan rutin yang diadakan sebulan sekali. Pada tanggal 2 Mei 2023, kelompok ini mengadakan pertemuan di Desa Bahagia. Dalam pertemuan tersebut, para pengurus dan anggota kelompok menghasilkan beberapa kesepakatan untuk kemajuan bersama, diantaranya bahwa perlu adanya peningkatan sarana dan prasana di dalam rumah anggrek, seperti penggunaan pot tanah untuk menjadi tempat tumbuh anggrek tanah. Dari pengalaman sebagian anggota, pot tanah bisa menghasilkan tanaman yang tumbuh dengan baik untuk jenis tanaman anggrek tertentu. Mereka juga membahas media tanam yang paling baik dari pengalaman selama melakukan budidaya anggrek. Arang dari kayu trembesi (Samanea saman) dan kayu kopi dirasakan lebih bagus sebagai media tanam. Selain membahas media tanam, pertemuan tersebut juga membahas kebutuhan kelompok, yaitu kebutuhan pupuk, insektisida dan lain lain. Hal ini disebabkan adanya hama bekicot tanpa cangkang yang sering mengganggu. Hama lainnya adalah serangga pengrusakan kuncup bunga. Dalam pertemuan tersebut, KAREBA CBLL juga membahas peningkatan kapasitas pengetahuan bersama melalui pelatihan sederhana. Kegiatan ini diharapkan dapat melibatkan instruktur lokal sebagai pemateri.

Dalam pertemuan yang digagas oleh kelompok pembudidaya anggrek ini, juga disepakati pelaksanaan pertemuan rutin yang akan dilaksanakan setiap bulan pada selasa minggu pertama. Dengan rutin bertemu dan bertukar pikiran ini, diharapkan para anggota kelompok bisa saling mendorong adanya keaktifan anggota yang lain. Terkait dengan kelembagaan, pertemuan juga membahas iuran bulanan dan menetapkan sekretaris KAREBA CBLL yang berasal dari Desa Rejeki, sebagai pemerataan keterwakilan dari masing-masing desa. Saat ini, ketua KAREBA CBLL berasal dari Desa Bahagia, sedangkan bendahara merupakan perwakilan kelompok dari Desa Karunia.

Pelaksanaan pertemuan bulanan ini akan dilaksanakan bergantian di salah satu desa kelompok KAREBA CBLL, bulan depan direncanakan di Desa Rejeki. Namun, tidak menutup kemungkinan diadakan di tempat-tempat yang sekiranya dapat mendukung peningkatan pengetahuan bagi anggota kelompok, misalnya di lokasi Penangkaran Anggrek yang ada di kawasan Wisata Danau Kalimpaa atau di Taman Wisata Anggrek Bancea, Kabupaten Poso.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Muhammad Yusuf, Advisor bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Pengelolaan Cagar Biosfer
Ismet Khaeruddin, Advisor Senior, Focal Point Keanekaragaman Hayati KFW Forest Program 3 dan Koordinator Provinsi Sulawesi Tengah

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz