1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 04 14 Sosialisasi kerja sama dengan OGU dukung KTH local subsidy ro 1

Sejak dua tahun terakhir FORCLIME telah melakukan serangkaian kegiatan dalam mendorong capaian Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Provinsi Papua dalam pengembangan kelompok masyarakat. Keduanya sepakat untuk mendukung kelompok tani hutan (KTH) Isite di Kampung Barongko, distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Kampung ini telah didampingi oleh DKLH Papua sejak tahun 2012.

Kampung Barongko memiliki potensi hasil hutan bukan kayu (HHBK), antara lain hutan sagu yang luas, komoditas ikan air tawar dan kerajinan ukiran kayu. Mereka juga melakukan pengolahan kayu khombow (Ficus spp) sebagai bahan utama ukiran. Selain itu, Kampung Babrongko juga memiliki tempat pengamatan burung cenderawasih yang dapat dikembangkan sebagai lokasi ekowisata. Dalam rangka untuk meningkatkan produktivitas dan pengembangan produk HHBK tersebut, FORCLIME bersama Univesitas Ottow Geissler Papua (UOGP) bekerja sama mendukung kelompok tani hutan di Kampung Babrongko melalui skema subsidi lokal (local subsidy), yang disosialisasikan pada tanggal 14 April 2023 kepada kelompok tani hutan Isite di kampung tersebut. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Pemerintahan Kampung Babrongko, Bapak Orgenes Wally, dan dihadiri oleh perwakilan dari UOGP dan FORCLIME, selain anggota KTH Isite.

Melalui skema subsidi lokal ini, kegiatan pendampingan dirancang oleh pihak UOGP yang dipimpin oleh Project Leader Local Subsidy, bapak Frank Leo Apituley, S.Hut., M.Si., bersama dengan Ketua KTH Isite, bapak Septinus Wally, S.Th., yang juga sebagai Fasilitator Kampung Babrongko. Sehingga kegiatan yang disusun diharapkan sesuai dengan keinginan kelompok. Sedangkan pembiayaan pelaksanaan kegiatan berasal dari FORCLIME. Setelah sosialisasi kegiatan pendampingan, kelompok tani hutan Isite bersama dengan Unniversitas Ottow Geissler Papua akan menyusun rencana bisnis (business plan).

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Rut M Ohoiwutun, Advisor Junior bidang hutan kemasyarakatan dan hutan adat, Papua
Mohammad Sidiq, Manajer bidang strategis, pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz