1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 05 30 Support for Strengthening LPHD Doda my 1

Dalam rangka mendukung penguatan kelembagaan Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD), Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kulawi mengadakan seri pertemuan untuk mendukung pengelolaan hutan dan implementasi kegiatan perhutanan sosial di Desa Doda bersama dengan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS). Pertemuan terakhir diadakan pada tanggal 30 Mei 2023 di Dusun 1, Desa Doda, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Pertemuan tersebut selain dihadiri oleh perangkat pemerintah desa, pengurus LPHD, KUPS di Desa Doda, dan KPH Kulawi, juga dihadiri oleh Direktur Program FORCLIME, bapak Georg Buchholz, sebagai salah satu rangkaian agenda kunjungannya selama tiga hari di Palu.

Dalam pertemuan tersebut, disepakati beberapa hal yang akan ditindaklanjuti kemudian, antara lain:
- KUPS Sintuwu Singgani akan menguji coba alat pemecah kemiri yang telah diberikan oleh KPH Kulawi, yang hasilnya akan menjadi modal awal kelompok dalam berusaha.
- KUPS Namoni Singgani akan mengidentifikasi jumlah panen nenas, untuk kemudian merumuskan hal apa yang akan dilakukan terkait hasil yang diperoleh tersebut.
- Sebagai fasilitator, KPH Kulawi, akan mendampingi kedua KUPS tersebut dalam melaksanakan kegiatan yang telah disepakati dalam pertemuan tersebut.

Diakhir pertemuan, pak Georg memberi semangat kepada LPHD dan KUPS yang telah terbentuk, agar terus beroperasi dengan baik. Karena hal ini dapat menjadi pertimbangan, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah sampai ke pemerintah desa maupun lembaga lainnya, untuk memberikan dukungan terkait peningkatan kapasitas untuk kemajuan kelompok.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Muhammad Yusuf, Junior Advisor, Perhutanan Sosial dan Pengelolaan Hutan Lestari
Ismet Khaeruddin, Advisor Senior, Focal Point Keanekaragaman Hayati KFW Forest Program 3 dan Koordinator Provinsi Sulawesi Tengah

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz