1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 06 14 FGD Analisis Spasial Tata Hutan di KPHP Sorong Selatan ny

Sejak tahun 2022, FORCLIME mendukung Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Sorong Selatan dalam menyusun dokumen Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang (RPHJP). Kegiatan ini dimulai dengan pembinaan teknis penyusunan RPHJP untuk KPH di Provinsi Papua Barat, yang juga diikuti oleh perwakilan KPHP Sorong Selatan. Seusai pelaksanaan pembinaan teknis, KPHP Sorong Selatan membentuk Tim Penyusun Tata Hutan, dan FORCLIME termasuk ke dalam tim tersebut bersama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat dan Balai Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan (BPKHTL) Wilayah XVII Manokwari.

Pertemuan koordinasi pertama tim dilaksanakan pada tanggal 6-10 Maret 2023 di Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, Manokwari. Dalam pertemuan tersebut, tim bertemu dengan perwakilan Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat untuk mendapatkan data-data yang akan diperlukan dalam analisis, seperti Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Papua Barat, Rencana Kehutanan Tingkat Provinsi Papua Barat, data terkait DAS, kebakaran hutan, perhutanan sosial, dan data pendukung lainnya. Dalam koordinasi ini, FORCLIME juga memberikan bimbingan teknis terkait tahapan pembagian batas blok dan petak.

Pertemuan berikutnya dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2023 secara daring. Pertemuan ini bertujuan untuk melakukan peninjauan terhadap analisis spasial tata hutan di KPHP Sorong Selatan dan konfirmasi data-data yang terkait. Selanjutnya, tim kembali bertemu di Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat pada tanggal 24-28 Maret 2023 di Manokwari untuk melakukan validasi hasil analisis blok dan persiapan pembuatan peta-peta tematik dalam RPHJP.

Setelah seluruh proses selesai dilakukan, dilaksanakan FGD untuk menyampaikan hasil akhir analisis spasial tata hutan. FGD ini dilaksanakan secara daring pada tanggal 14 Juni 2023, dipimpin oleh Bapak Reynold Kesaulija S.Hut., M.Si., selaku Kepala KPHP Sorong Selatan. FGD ini dihadiri juga oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait di region Papua Barat. Berdasarkan hasil FGD, tim penyusun akan menyampaikan hasil analisis secara tertulis kepada BPKHTL Wilayah XVII Manokwari untuk melakukan verifikasi akhir sebelum dilakukan penginputan kedalam Sistem Informasi (SI) RPHJP milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Nita Yohana, Advisor Bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Koordinator Provinsi Papua Barat
Mohammad Sidiq, Manajer Bidang Strategis, Pengelolaan Hutan Lestari dan Koordinator Provinsi Papua dan Papua Barat 

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz