1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 05 24 Penilaian METT TN Nasional Lore Lindu Tahun 2023 ah 1

Untuk mengetahui keefektifan pengelolaan kawasannya, Balai Besar Taman Nasional (BBTN) Lore Lindu melakukan penilaian efektivitas pengelolaan kawasan konservasi menggunakan metode Management Effectiveness Tracking Tool (METT). Sesuai dengan peraturan yang berlaku, penilaian ini dilakukan setiap dua tahun sekali. BBTN Lore Lindu terakhir melaksanakan penilaian METT pada tahun 2021, dan pada tanggal 23-24 Mei 2023 kembali melaksanakan penilaian untuk tahun periode Januari 2022 hingga Mei 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Kota Palu, Sulawesi Tengah, dan dipimpin oleh Ibu Dr. Ir. Titik Wurdiningsih, M.Si selaku Kepala BBTN Lore Lindu.

Dalam kegiatan ini, FORCLIME yang diwakili oleh Bapak Ismet Khaeruddin, menjadi salah satu fasilitator penilaian METT. Kegiatan ini dihadiri oleh para staf BBTN Lore Lindu yang memberikan masukan, refleksi, dan evaluasi terhadap pengelolaan kawasan. Penilaian menggunakan metode METT ini menggunakan beberapa lembar data yang harus dilengkapi, yang meliputi pelaporan kemajuan situs kawasan konservasi, ancaman terhadap kawasan konservasi, serta penilaian efektivitas pengelolaan itu sendiri, yang membahas status hukum kawasan konservasi hingga nilai-nilai penting kawasan. Adapun beberapa rekomendasi yang dihasilkan dari pertemuan tersebut adalah pentingnya peningkatan kapasitas sumber daya manusia, pelaksanaan pemantauan satwa prioritas, serta patroli rutin di wilayah dengan kategori gangguan tinggi.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Arif Hidayat, Advisor Junior bidang Kehutanan dan Keanekaragaman Hayati
Ismet Khaeruddin, Advisor Senior, Focal Point Keanekaragaman Hayati KFW Forest Program 3 dan Koordinator Provinsi Sulawesi Tengah

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz