1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

23 06 22 Meeting BPDLH on GCF Westkal NR

Dalam rangka mengoordinasikan pengusulan pendanaan iklim oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dari Green Climate Fund (GCF), Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) mengadakan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sebagai pengusul pendanaan dan GIZ sebagai lembaga akreditasi dari GCF pada 22 Juni 2023 di Jakarta. Dalam pertemuan koordinasi tersebut hadir Sekda Kalimantan Barat; Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK); Direktur BPDLH; perwakilan dari Biro Kerjasama Luar Negeri dan perwakilan dari Biro Perencanaan KLHK. Pertemuan ini bertujuan untuk membangun pemahaman bersama diantara para pihak terkait. Dalam pertemuan ini Wakil Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan, Dr Alue Dohong, menyampaikan sambutan dan memberikan arahan dalam penyaluran pendanaan. Kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, Dr. Laksmi Dhewanthi, dan presentasi oleh Direktur BPDLH, Dr. Joko Tri Haryanto.

Dalam pertemuan tersebut, Sekda Kalimantan Barat, Dr Harisson, menyampaikan sambutan yang kemudian dilanjutkan dengan presentasi terkait rencana desain kelembagaan dan penyaluran pendanaan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kalimantan Barat, Ir. H. Adi Yani, MH. Pada sesi diskusi, Biro Kerjasama Luar Negeri KLHK memberi masukan tentang pentingnya pelibatan lembaga lainnya, termasuk lembaga internasional dalam desain proyek yang dikembangkan, serta pentingnya mengikuti regulasi dan peraturan yang berlaku.

Pertemuan koordinasi ini akan ditindaklanjuti dengan diskusi lebih mendalam terkait dengan desain penyaluran pendanaan dan juga pengaturan kelembagaan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Dwi Wahyu Asti, SP, M.Si, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov Kalbar

Jumtani, Advisor Bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Focal Point GCF Kalbar
Wandojo Siswanto, Manajer Strategis untuk Kebijakan Kehutanan dan Perubahan Iklim

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz