1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 09 08 Business Development Advance Training Papua Provinsi ry 3

Menindaklanjuti pelatihan dasar pengembangan usaha bagi kelompok tani hutan di kampung dampingan FORCLIME di Provinsi Papua yang diadakan pada bulan Juli lalu, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Provinsi Papua bersama FORCLIME mengadakan pelatihan lanjutan pada tanggal 5-8 September 2023 di Abepura, Papua. Pelatihan pengembangan usaha ini bertujuan untuk penguatan kelompok tani hutan (KTH) menuju usaha mandiri dan berkelanjutan. Acara dibuka oleh Sekreataris DKLH Provinsi Papua, bapak Aries Toteles Ap, dan dihadiri oleh kelompok tani hutan dampingan serta fasilitator dan penyuluh dari DKLH, termasuk dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA). Pelaksanaan pelatihan ini dilakukan oleh RIWANI Globe, sebuah lembaga konsultan pengembangan bisnis dan human capital. Materi yang diberikan selama pelatihan lanjutan ini bertujuan untuk:

1. Memperkuat KPH dan kelompok tani hutan dalam menghitung biaya per unit setiap produk, meramalkan penjualan dan menyusun rencana penjualan kegiatan usaha, serta menghitung keuntungan.
2. Memberikan pengetahuan tentang jenis modal yang dibutuhkan untuk memulai atau mengembangkan usaha dan menghitung modal yang dibutuhkan kelompok.
3. Meningkatkan kapasitas petani hutan dan KPH dalam akuntansi usaha.
4. Penguatan pendamping usaha dari KPH dan BBKSDA dalam memfasilitasi keterampilan wirausaha dan pengembangan usaha bagi KTH.

Sebagai tindak lanjut dari pelatihan lanjutan ini adalah bantuan lanjutan secara online bagi KTH untuk dapat mengembangkan usahanya secara berkelanjutan dengan pendampingan penyusunan rencana usaha melalui secara online pada tanggal 26-27 September 2023 dan Sharing session peserta pelatihan yang berasal dari Papua, Papua Barat dan Sulawesi Tengah.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Ruben Yogi, Advisor Junior bidang GIS dan Pemetaan
Wira Nastainul Hakim, Advisor Junior, Pengembangan SDM
Edy Marbyanto, Manajer bidang strategis, Pengembangan Kapasitas SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz