1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 12 08 Pelatiham Budidaya Jamur ro 7

Dalam rangka pemberdayaan masyarakat sebagai upaya peningkatan pendapatan dan penghidupan masyarakat, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua bersama FORCLIME mengadakan pelatihan budidaya jamur bagi kelompok tani hutan pada tanggal 4 sampai 8 Desember 2023 di Kampung Sabron, Kabupaten Jayapura, Papua. Pelatihan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, dan diikuti oleh 19 peserta, sembilan diantaranya adalah perempuan.

Selama pelatihan, mereka diajari cara membudidayakan jamur dengan teknologi sederhana dan tanpa pestisida, sehingga ramah lingkungan. Mereka belajar membuat media tanam dari limbah sagu dan limbah industri kayu (serbuk kayu) yang melimpah di kampung mereka, selain itu, juga belajar melakukan inokulasi dan inkubasi.

Dari pelatihan ini jadi tahu cara menyiapkan media tanam sampai dengan proses memasukan media tanam ke dalam polybag, proses inokulasi sampai proses inkubasi. Tetapi perlu bantuan pengadaan peralatan dan bibit yang menjadi kendala bagi masyarakat untuk menanam jamur”, kata ibu Rahel Yewi, salah satu peserta pelatihan.

Setelah pelatihan ini, akan dibentuk kelompok budidaya jamur dari masing-masing kampung. Selain itu, pelatihan lanjutan mengenai pengolahan jamur setelah panen agar dapat menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Hana Soakakone, siswa magang dari Universitas Cenderawasih
Rut M Ohoiwutun, Advisor Junior bidang hutan kemasyarakatan dan hutan adat, Papua
Mohammad Sidiq, Manajer bidang strategis, pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Tanah Papua

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz