1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2024 01 24 Kick Off Workshop Pengembangan MOOC dh 1

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Diklat SDM LHK) telah bekerja sama dengan FORCLIME 4.0 dan lembaga konsultan eLearning Common Sense dalam pengembangan eLearning sejak tahun 2021. Kegiatan pendampingan pengembangan eLearning tersebut difokuskan pada pengembangan kapasitas tim eLearning, Penyempurnaan Learning Management System (LMS), Pengembangan Standard Operating Procedure (SOP) penyelenggaraan eLearning dan pengembangan media interaktif eLearning.

Pada tahun 2023, Pusat Diklat SDM LHK telah mulai mengembangkan MOOC untuk beberapa jenis pelatihan, seperti Gender dan Pendamping Perhutanan Sosial. Melihat dinamika eLearning di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pusat Diklat SDM LHK kemudian mengusulkan kepada FORCLIME untuk melakukan pendampingan dalam pengembangan MOOC untuk meningkatkan pelayanan Diklat kepada para pemangku kepentingan sektor lingkungan hidup dan kehutanan. Usulan tersebut ditindaklanjuti oleh FORCLIME 4.0 dan Common sense dalam bentuk rencana pendampingan penguatan MOOC yang mencakup: (1) Penilaian pengembangan MOOC di Pusat Diklat SDM LHK; (2) Penyusunan roadmap pengembangan MOOC di Pusat Diklat SDM LHK; (3) Pengembangan LMS untuk mendukung MOOC; (4) Sosialisasi akhir hasil pendampingan pengembangan MOOC. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan dalam kurun waktu Januari - Oktober 2024. Diharapkan kegiatan pendampingan tersebut dapat mendukung peningkatan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan MOOC di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sebagai langkah awal kegiatan pendampingan ini, Pusat Diklat SDM LHK bersama FORCLIME dan Common Sense melakukan peluncuran (kick-off) secara daring Lokakarya Pengembangan MOOC pada tanggal 26 Januari 2024. Kegiatan ini dihadiri sekitar 60 peserta dari berbagai satuan kerja lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM), seperti perwakilan Pusat Diklat SDM LHK, Balai Pelatihan LHK di Indonesia, Pusat Penyuluhan LHK, Pusat Perencanaan Pengembangan SDM LHK, Puslatmas dan Generasi Lingkungan dan Sekretariat BP2SDM. Selain pemaparan rencana pendampingan pengembangan MOOC tahun 2024, dalam kick-off tersebut juga dibahas hasil pendampingan pengembangan eLearning tahun 2023, evaluasi program MOOC Pusat Diklat SDM LHK tahun 2023 dan identifikasi tema pelatihan yang perlu dikembangkan melalui MOOC di tahun 2024.

Tindak lanjut kegiatan kegiatan ini adalah pelaksanaan penilaian awal (stock taking) terkait kesiapan Pusat Diklat SDM LHK dan Balai Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPLHK) dalam penyelenggaraan MOOC, yang akan dilaksanakan sekitar Februari – Maret 2024.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Danan P. Hadi, Advisor bidang Remote Sensing/GIS dan eLearning
Edy Marbyanto, Manajer Bidang Strategis, Pengembangan Kapasitas SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz