1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2024 01 26 FDG Akses Legal Pemanfaatan SDH dan Manfaatnya Bagi Masyarakat Adat ro 5

Pada tahun 2021, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua bersama FORCLIME sepakat untuk mendukung Kelompok Pecinta Alam (KPA) A'Memay yang berlokasi di Kampung Tablasupa, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. KPA A’Memay ini mengelola hutan di sekitar kawasan penyangga Cagar Alam Gunung Cycloop, yang menjadi kawasan wisata minat khusus pengamatan burung cenderawasih.

Dalam rangka mendukung penyusunan dokumen Rencana Pengembangan Ekowisata Desa Tablasupa, BBKSDA, didukung FORCLIME, mengadakan FGD yang bertujuan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang akses legal pemanfaatan sumber daya hutan dan manfaatnya bagi masyarakat adat, khususnya melalui skema perhutanan sosial. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2024 di Kampung Tablasupa. FGD dibuka oleh Plt. Kepala Seksi Wilayah IV Sarmi, Purnama, Kepala Resort Moy dan dihadiri oleh perwakilan dari Balai Perhuthanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Maluku Papua, pemerintah kampung yang diwakili oleh Ketua Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam), tokoh pemuda Tablasupa, tokoh adat Tablasupa, Ketua Jemaat GKI Wibong II Tablasupa, pengurus dan anggota KPA A’Memay, dan masyarakat Tablasupa.

Dalam acara tersebut, Manajer FORCLIME untuk bidang strategis pengelolaan hutan lestari, bapak Mohammad Sidiq, memfasilitasi peserta FGD untuk menyusun rencana strategis pemanfaatan sumber daya hutan dan manfaatnya bagi masyarakat adat dengan menggunakan pendekatan SWOT. Dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, kesempatan dan tantangan, diharapkan KPA A’Memay dapat menyusun rencana strategi pengelolaan kawasan wisata pengamatan burung cenderawasih.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Rut M Ohoiwutun, Advisor Junior bidang hutan kemasyarakatan dan hutan adat, Papua
Mohammad Sidiq, Manajer bidang strategis, pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Tanah Papua

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz