1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

Untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan nasional adil gender berkelanjutan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama para pemangku kepentingan terus melakukan berbagai upaya dan strategi untuk mengarusutamakan gender dalam sektor kehutanan dan lingkungan hidup.

Upaya tersebut antara lain dengan sosialisasi dan pelatihan tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) kepada para pengambil kebijakan. Tujuannya agar gender dapat terintegrasi dalam siklus pembangunan dan pengembangan kelembagaan pemerintah. Hal ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Terutama, pada tujuan nomor lima yaitu mencapai kesetaraan gender. PUG dilakukan untuk mengatasi kesenjangan akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat pembangunan bagi perempuan dan laki-laki.

Untuk mendukung penyebaran informasi, KLHK meluncurkan Sistem Pembelajaran Gender (SRAGEN) pada akhir Maret 2021. SRAGEN berupa platform digital berisi berbagai dokumen kebijakan, pembelajaran, kegiatan dan agenda untuk mendukung PUG. Platform digital tersebut antara lain situs Pengarusutamaan Gender KLHK, http://pug.menlhk.go.id/ dan berbagai kanal sosial media seperti Youtube (insert link: https://www.youtube.com/channel/UCAbI7LKONGixYlSveodH6aA), Instagram dan Twitter (@gender_klhk). Hal ini untuk memudahkan para pemangku kepentingan, baik di luar maupun di dalam lingkup kementerian, untuk mengakses berbagai informasi terkait gender yang menarik dan mudah dipahami.

Aspirasi KLHK dalam melakukan integrasi PUG ke dalam kebijakan, perencanaan, implementasi program, termasuk pengawasan dan evaluasinya, serta kegiatan pembangunan ini mendapat dukungan penuh dari mitra pembangunan seperti Forests and Climate Change Programme (FORCLIME) dan program Climate Smart Land Use (CSLU) in ASEAN, dengan dukungan dari Pemerintah Federal Jerman dan dilaksanakan oleh Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH serta berbagai institusi lainnya seperti the Multistakeholder Forestry Programme Phase 4 (MFP4).

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Zahra Mutiara, Advisor CSLU
Edy Marbyanto, Manajer bidang strategis pengembangan kapasitas SDM

Informasi lebih lanjut:
• Pengarusutamaan Gender dalam Lingkup KLHK
https://www.youtube.com/watch?v=rTf8qtLbegI
• Rangkaian materi video Seri Pembelajaran Pengarusutamaan Gender dalam Sektor LHK (mengikuti kurikulum pelatihan): https://www.youtube.com/watch?v=mUhqI2QTchI&list=PLq9ImjPpVHCBHuygTt_rEufpQG1ycm6Rd
• Ongoing support website sistem pengarusutamaan gender di KLHK (SRAGEN) https://www.youtube.com/watch?v=gONMF6r42VU
• Situs FORCLIME, https://www.forclime.org/
• Facilitating climate-smart land use in ASEAN, https://www.giz.de/en/worldwide/94083.html

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz