1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

Berita

KPHP Tambrauw Bersiap Laksanakan Inventarisasi Biogeofisik dan Sosekbud untuk Susun Rencana Pengelolaan Hutan (RPHJP)

2023 01 24 Pembekalan Inventarisasi Biogeofisik dan Sosekbud KPHP Tambrauw ny

Dalam rangka menyiapkan dokumen rencana pengelolaan hutan (RPHJP), Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Tambrauw perlu melakukan inventarisasi biogeofisik dan inventarisasi sosial-ekonomi-budaya di wilayah kerjanya. Oleh karena itu, KPHP Tambrauw, didukung FORCLIME, mengadakan pertemuan untuk memberi pembekalan bagi tim yang akan melaksanakan survei. Tim terdiri dari staf KPHP Tambrauw, Fakultas Kehutanan Universitas Papua, yang akan dibantu oleh mahasiswa yang sedang magang di FORCLIME. Kegiatan pembekalan ini diadakan pada tanggal 24 Januari 2023 di Kantor KPHP Tambrauw dan dipimpin oleh Kepala KPHP Tambrauw, Petrus Tawer, S.Hut. Tujuan dilakukan pembekalan ini adalah untuk memberikan informasi kepada anggota tim yang akan melakukan survei mengenai metode yang digunakan dalam melaksanakan kedua inventarisasi tersebut.

Sementara itu, pelaksanaan inventarisasi akan dilakukan mulai tanggal 26 Januari hingga 10 Februari 2023. Hasil dari inventarisasi tersebut akan menjadi acuan dasar dalam penyusunan dokumen RPHJP.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Nita Yohana, Advisor bidang pengelolaan hutan lestari dan koordinator Provinsi Papua Barat
Mohammad Sidiq, Manajer bidang strategis, pengelolaan hutan lestari dan koordinator Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat

Dibuat: Kamis, 02 Februari 2023

Duta Besar Jerman kunjungi Balai Pelatihan LHK Makassar dan SMK Kehutanan Makassar, Sulawesi Selatan

2023 01 26 Duta Besar Jerman ke Balai Pelatihan LHK Makassar dan SMK Kehutanan Makassar em 3

Duta Besar Jerman mengunjungi Balai Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar serta SMK Ke-hutanan Makassar pada tanggal 26 Januari 2023. Kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui perkem-bangan kerja sama Indonesia – Jerman, khususnya di bidang pengembangan kapasitas yang dilaksanakan oleh Program Hutan dan Perubahan Iklim (Forests and Climate Change Programme – FORCLIME).

Dalam kunjungannya, Duta Besar Jerman, Ina Lepel, diterima oleh Kepala Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Kusdamayanti Duryat, sebagai perwakilan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BP2SDM) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), didampingi oleh Kepala Balai Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar, Kepala SMK Kehutanan Makassar dan beberapa pejabat unit pelaksana teknis KLHK di Makassar. Terkait dengan Balai Pelatihan LHK dan SMK Kehutanan Makassar, kedua instansi tersebut merupakan unit pelaksana teknis BP2SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tugas utama Balai Pelatihan LHK adalah mengelola pelatihan bagi aparatur dan non aparatur bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Sedangkan, SMK Kehutanan Makassar merupakan salah satu sekolah kejuruan kehutanan yang diselenggarakan dan dibina oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam kunjungan Duta Besar Jerman tersebut, Kepala Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyampaikan apresiasi atas dukungan pemerintah Jerman dalam pengembangan kapasitas SDM LHK melalui Program FORCLIME. Beliau berharap kerja sama ini bisa dilanjutkan di masa mendatang. Selain itu Balai Pelatihan LHK Makassar dan SMK Kehutanan Makassar menyampaikan pemaparan terkait dengan pengembangan pelatihan dan pendidikan vokasi termasuk usulan pengembangan kapasitas para guru melalui magang di luar negeri.

Di SMK Kehutanan Makassar, Duta Besar Jerman mengunjungi fasilitas yang ada di sekolah tersebut, termasuk laboratorium kultur jaringan, persemaian tanaman hutan, bank sampah. Kunjungan Duta Besar Jerman ini merupakan kunjungan pertama seorang pejabat tinggi negara asing ke SMK Kehutanan Makassar, sehingga para guru dan siswa sangat antusias menyambut kunjungan ini.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Edy Marbyanto, Manajer Bidang Strategis, Pengembangan Kapasitas SDM
Daniel Maertz, Advisor bidang Pendidikan dan Pelatihan Orang Dewasa

Dibuat: Rabu, 01 Februari 2023

KPHP Sorong Selatan dan FORCLIME berkoordinasi susun rencana kegiatan tahun 2023

Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Sorong Selatan berkoordinasi dengan FORCLIME untuk menyusun rencana kegiatan yang akan dilaksanakan bersama pada tahun 2023. Pertemuan yang dipimpin oleh Kepala KPHP Sorong Selatan, Reynold Kesaulija, S.Hut., M.Si., diadakan pada tanggal 21 Januari 2023 di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya. Dalam pertemuan ini dibahas rencana kerja termasuk penyusunan Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang (RPHJP) serta kegiatan terkait dengan program perhutanan sosial.

Untuk mendukung penyusunan dokumen RPHJP, akan disusun Tim Penyusunan Tata Hutan yang akan melakukan proses pembagian blok dan petak pada bulan Februari 2023.

Terkait Perhutanan Sosial, beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan bersama pada tahun 2023 adalah:

  • Menyusun Rencana Kelola Perhutanan Sosial (RKPS) di Kampung Haha yang telah mendapatkan izin untuk Skema Hutan Desa. Kegiatan ini dilaksanakan setelah dokumen RPHJP KPH Sorong Selatan disyahkan.
  • Mengurus izin BPOM untuk prooduk hasil hutan bukan kayu di kampung dampingan FORCLIME, yakni Kampung Haha dan Kampung Wendi. Pengurusan perizinan ini akan dilakukan sekitar bulan Mei atau Juni 2023, setelah pembangunan resort di Kampung Haha selesai dibangun. Tempat ini akan menjadi rumah produksi hasil hutan bukan kayu.
  • Penilaian kelas kelompok tani hutan (KTH). Setelah dilakukan pendampingan, KTH di kampung-kampung yang didukung FORCLIME, telah mengalami kenaikan kelas berdasarkan Indikator Penilaian KTH yang dikeluarkan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Proses penilaian KTH akan dilaksanakan sekitar bulan Juni atau Juli 2023.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Nita Yohana, Advisor bidang pengelolaan hutan lestari dan koordinator Provinsi Papua Barat.
Mohammad Sidiq, Manajer bidang strategis, Pengelolaan hutan lestari dan Koordinator Provinsi Papua dan Papua Barat

Dibuat: Rabu, 01 Februari 2023

in cooperation with ministry of forestry and environmentCooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz