1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 09 07 FGD Pembahasan Dokumen Pendukung Proposal GCF Provinsi Kalbar js 2

Melanjutkan proses penyusunan proposal dan studi kelayakan proyek pendanaan iklim kepada Green Climate Fund (GCF), Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) mengadakan FGD Pembahasan Dokumen Pendukung Proposal GCF Pemprov Kalbar pada tanggal 6 – 7 September 2023 di Pontianak, Kalimantan Barat. Dokumen pendukung yang dibahas pada pertemuan tersebut adalah: Kerangka Kebijakan dan Kelembagaan Pengelolaan Hutan dan Lahan; Kajian Resiko dan Kerentanan Iklim (CRVA); Kajian dan Rencana Aksi Gender (GA-GAP). Selain itu, pertemuan ini juga bertujuan untuk menghubungkan dan membangun komunikasi dengan para pihak diprovinsi serta mendapatkan masukan terhadap dokumen yang disusun. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, narasumber tim penyusun dokumen dan kepala bidang Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyampaikan presentasinya dan diskusi secara langsung, kecuali pembahasan terkait gender dilaksanakan secara online.

Penyusunan dokumen-dokumen pendukung tersebut mengacu pada desain proyek yang bertujuan untuk: 1) Memperkuat kerangka kebijakan dan kelembagaan dengan perencanaan yang terinfo tentang iklim; 2) Meningkatkan dan memperluas pembelajaran praktik pertanian dan agroforestry yang berketahanan iklim; 3) Peningkatan pengelolaan hutan dan lahan berbasis masyarakat.

FGD dibuka oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kalbar, bapak Amung Hidayat, SP, M.Si., dan dihadiri oleh Pokja REDD+; tim penyusun masing-masing dokumen pendukung, Prof Dr. Bramasto Nugroho, MS (Kerangka Kebijakan dan Kelembagaan Pengelolaan Hutan dan Lahan), CCROM-IPB (Kajian Resiko dan Kerentanan Iklim), dan Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni (Kajian dan Rencana Aksi Gender); serta perwakilan beberapa instansi provinsi, akademisi dan mitra pembangunan.

Hasil FGD ini merupakan bagian dari penyempurnaan dokumen pendukung. Perbaikan dokumen akan disampaikan paling lambat pada akhir September 2023, dan akan menjadi satu kesatuan dari proposal secara menyeluruh (full proposal) yang akan diajukan ke GCF.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Dwi Wahyu Asti, SP, M.Si., Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov Kalbar
Jumtani, Advisor Bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Rantai Nilai, Focal Point GCF Kalbar
Wandojo Siswanto, Manajer Strategis untuk Kebijakan Kehutanan dan Perubahan Iklim

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz