1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 10 23 Kunjungan Delegasi BMZ ke SMK Kehutanan Negeri Makassar em

FORCLIME 4.0 telah bekerja sama dengan Balai Pelatihan LHK Makassar dalam pengembangan SDM lingkungan hidup dan kehutanan (LHK) di Indonesia Timur. Kerja sama juga dilakukan dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Negeri Makassar untuk pendidikan vokasi. Adanya kerja sama tersebut mendapat perhatian dari Kementerian Federal Jerman untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ), yang diwujudkan melalui kunjungan ke SMK Kehutanan Negeri Makassar pada tanggal 23 Oktober 2023. Kunjungan tersebut merupakan salah satu agenda dari Delegasi BMZ dalam lawatannya ke Indonesia mulai tanggal 21 hingga 27 Oktober 2023. Delegasi BMZ yang dipimpin oleh BMZ Parliamentary State Secretary, Ms Baerbel Kofler, diterima oleh Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, bapak Dida Migfar Ridha.

Dalam kunjungan tersebut, dibahas beberapa topik, termasuk: (1) Upaya pengembangan SDM LHK yang dilaksanakan oleh Balai Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP LHK) Makassar; (2) Upaya pendidikan vokasi yang diselenggarakan oleh SMK Kehutanan Negeri Makassar; (3) Isu strategis terkait pengelolaan hutan berbasis masyarakat.

Delegasi BMZ juga berdialog dengan para siswa dan mengunjungi fasilitas yang ada di SMK Kehutanan Negeri Makassar, termasuk laboratorium kultur jaringan, persemaian tanaman hutan, budidaya lebah, dan bank sampah.

Dalam kunjungan tersebut, Ms Kofler menyampaikan bahwa sangat terkesan dengan kunjungan ini dan berharap para siswa yang akan menjadi generasi penerus bangsa, bisa belajar secara intens untuk mengembangkan profesionalisme dalam melestarikan hutan di Indonesia.

Setelah mengunjungi Makassar, Delegasi BMZ melanjutkan lawatannya ke wilayah kerja GIZ di Cagar Biosfer Lore Lindu di Sulawesi Tengah.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Edy Marbyanto, Manajer Bidang Strategis, Pengembangan Kapasitas SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz