1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 11 21 Diskusi SOP eLearning oleh Commonsense wh 1

Sebagai bagian dari rangkaian pendampingan pengembangan eLearning Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), FORCLIME bersama Common Sense, suatu lembaga konsultan yang berpengalaman dalam hal pengembangan kapasitas untuk digital learning dan penciptaan konten pembelajaran, mempresentasikan Standar Operating Procedures (SOP) eLearning kepada jajaran Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tanggal 21 November 2023 secara daring. Kegiatan yang dibuka oleh Dr. Gamin, widyaiswara Pusat Diklat SDM LHK, merupakan agenda penutup dari rangkaian panjang pengembangan kapasitas SDM terkait eLearning yang telah dimulai sejak bulan Desember 2021. SOP tersebut disusun berdasarkan hasil temuan dari setiap pelatihan selama proses pendampingan pengembangan eLearning SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kami sangat senang dengan finalnya SOP eLearning ini. Saat ini, kami sedang mengembangkan Massive Open Online Course atau MOOC, kami berharap dapat mengintegrasikan dan mengkombinasikan SOP eLearning dengan MOOC agar dapat digunakan di masa yang akan datang,” kata Dr. Gamin dalam sambutannya.

Setelah rangkaian pendampingan untuk eLearning pada tahun 2021-2023 ini berakhir, kemudian akan berlanjut pada tahun 2024. Saat ini, FORCLIME bersama dengan Pusat Diklat SDM LHK sedang menyusun perencanaan kegiatan lanjutan kerja sama pengembangan eLearning di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang akan lebih fokus pada MOOC sesuai dengan mandat dan arahan dari Kepala Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Wira Nastainul Hakim, Advisor Junior, Pengembangan SDM
Edy Marbyanto, Manajer bidang strategis, Pengembangan SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz