1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2023 10 20 Berbagi pengalaman Usaha KTH di Sulawesi Tengah Papua dan Papua Barat Daya wh 1

FORCLIME memiliki komitmen untuk meningkatkan kapasitas pendamping kehutanan dan kelompok tani hutan mendorong praktik pengelolaan usaha kehutanan yang efektif dan berkelanjutan. Rangkaian pelatihan dan pendampingan pengembangan usaha bagi kelompok tani hutan (KTH) dampingan telah dilakukan sejak tahun 2022 hingga akhir tahun 2023 di tiga provinsi wilayah kerja FORCLIME, yaitu Papua, Sulawesi Tengah, dan Papua Barat Daya dan telah terlaksana dengan baik dan sukses.

Untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman antar KTH dan fasilitator kehutanan yang telah mengikuti pelatihan pengembangan usaha, FORCLIME bersama PT SIMS dan RIWANI GLOBE, mitra-mitra pendamping pelatihan, mengadakan sesi berbagi pembelajaran secara daring pada tanggal 20 Oktober 2023. Kegiatan tersebut dibuka dan dipandu oleh Manajer FORCLIME bidang pengembangan kapasitas SDM, bapak Edy Marbyanto. Peserta kegiatan ini adalah KTH dan fasilitator kehutanan dari ketiga provinsi tersebut diatas, 50% dari peserta adalah perempuan (22 orang).

Kami berharap pendampingan ini akan berlanjut, karena kami masih butuh dukungan untuk pengembangan usaha”, kata Muhammad Azis, pendamping Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) di Provinsi Sulawesi Tengah.

Saat ini, FORCLIME sedang menyusun rencana kegiatan pendampingan lanjutan yang akan dilaksanakan hingga FORCLIME 4.0 berakhir pada tahun 2024.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Wira Nastainul Hakim, Advisor Junior, Pengembangan SDM
Edy Marbyanto, Manajer bidang strategis, Pengembangan SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz