1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

 2023 12 08 Presentasi Kalbar pada CoP28 Dubai UEA jum

Conference of Parties (COP) 28 United Nations Framework on Climate Change Conference (UNFCCC) tahun 2023 dilaksanakan mulai 30 November hingga 12 Desember 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab. Konferensi Perubahan Iklim yang membahas isu-isu perubahan iklim diselenggarakan tiap tahun. Delegasi dari hampir seluruh dunia hadir, mulai dari perwakilan negara-negara anggota, ilmuwan, pebisnis, masyarakat adat, jurnalis, dan para ahli serta para pihak terkait lainnya.

 Setiap tahun Indonesia melakukan soft diplomacy melalui penyelenggaraan Pavilion Indonesia selama COP berlangsung. Melalui Pavilion Indonesia ini ditampilkan aksi-aksi iklim (climate actions) yang telah dilakukan di Indonesia, baik oleh pemerintah maupun sektor swasta dan masyarakat madani lainnya. 

Pada tahun ini, Provinsi Kalimantan Barat turut hadir mempresentasikan perkembangan proposal penda-naan iklim dari Global Climate Fund (GCF). Pj Gubernur Kalimantan Barat, Bapak dr. Harisson, MPH., menyampaikan komitmen kuat provinsi untuk implementasi pembangunan berkelanjutan melalui pening-katan tata kelola sumber daya alam dan program terkait aksi perubahan iklim. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat, GIZ, PT. Kandelia Alam dan Universitas Pertahanan Nasional. Bapak Wandojo Siswanto, Advisor Senior bidang Kebijakan Ke-hutanan dan Perubahan Iklim FORCLIME (program kerja sama Pemerintah Federal Jerman dan RI untuk bi-dang hutan dan perubahan iklim) menyampaikan mengenai kolaborasi dan peran GIZ dalam mendukung Provinsi Kalimantan Barat dalam menyusun proposal untuk pendanaan iklim dari CGF.

Kehadiran dalam Pavilion Indonesia pada COP28 ini menjadi bukti kerja sama dan kolaborasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan para pihak dalam mengimplementasikan pembangunan berkelanjutan dan berkontribusi dalam pencapaian target NDC dan FoLU Net Sink 2030.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Jumtani, Advisor bidang Pengelolaan Hutan Lestari dan Rantai Nilai, Focal Point GCF Kalbar
Wandojo Siswanto, Manajer Strategis untuk Kebijakan Kehutanan dan Perubahan Iklim

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz