1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2024 02 21 PTC meeting

Dalam rangka melaporkan pelaksanaan kegiatan FORCLIME pada tahun 2023 dan menyajikan rencana kerja FORCLIME untuk tahun 2024, Biro Perencanaan Kehutanan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), selaku Project Executing Agency (PEA) FORCLIME mengadakan pertemuan komite teknis proyek (Project Technical Committee-PTC) pada tanggal 21 Februari 2024 secara hybrid. Pertemuan yang dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan KLHK, Dr. Apik Karyana, dihadiri oleh anggota PTC atau yang mewakili eselon II Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta mitra-mitra kerja di wilayah kerja FORCLIME di Provinsi Sulawesi Tengah (Taman Nasional Lore Lindu; Dinas Kehutanan), di Provinsi Papua (Dinas Kehutanan dan Lingkungan; Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam di Papua), di Provinsi Papua Barat Daya (Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Pertanahan; Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam di Papua Barat Daya).

Dalam sambutannya, Dr. Apik mengawali dengan refleksi mengenai perjalanan kerja sama Indonesia-Jerman yang telah berlangsung lama. "Kita sama-sama menyaksikan, bagaimana kerja sama keduanya, yang telah terjalin erat, telah membuahkan hasil yang signifikan melalui Social Forestry Development Programme di Sanggau, Kalimantan Barat. Inisiatif ini telah menjadi tonggak sejarah dari praktik Perhutanan Sosial yang kita kenal dan kembangkan saat ini, sebuah sinergi kemajuan dan kelestarian yang menjadi warisan kita bersama”.

Dalam pertemuan tersebut para mitra kerja, baik di tingkat nasional maupun daerah, menyampaikan terima kasihnya atas dukungan FORCLIME. Salah satunya adalah Kepala Pusat Diklat Sumber Daya Manusia Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Kusdamayanti, mengatakan bahwa kerja sama dengan GIZ hingga tahun 2023 telah sangat membantu Pusat Diklat terutama terkait dengan pengembangan eLearning, baik hardware, software dan brainware, yang dilakukan melalui lokakarya, pelatihan dan kegiatan di lapangan.

Terkait dengan rencana kerja tahun 2024, dimana merupakan tahun terakhir FORCLIME 4.0, semua mitra berharap waktu yang tersisa hingga Desember 2024 ini tetap memaksimalkan dukungan terhadap program kerja mitra-mitra di tingkat nasional dan daerah. Selain itu, para mitra juga berharap program lanjutan, yaitu FORCLIME Reloaded, akan tetap mendukung rencana strategis (Renstra) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta dinas-dinas terkait di masing-masing provinsi wilayah kerja FORCLIME.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Pipin Permadi, Advisor Senior bidang perencanaan strategis dan Liaison officer

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz